Tips Olahraga Agar Berhenti Merokok

Bahaya merokok diketahui banyak orang, tetapi bagi perokok berhenti itu tidak mudah. Mungkin Anda telah mencoba berbagai cara tetapi tidak pernah berhasil. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat menjadi cara yang efektif untuk berhenti merokok. Nah, olahraga seperti apa yang Anda harus berhenti merokok? Lihatlah ulasan di bawah ini.

Bagaimana olahraga membantu Anda berhenti merokok

Alexis Bailey, profesor senior neurofarmakologi di University of St. George di London, Inggris, melakukan penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam British Journal of Pharmacology.

Olahraga membantu tubuh Anda beradaptasi dengan kondisi baru. Merokok adalah kecanduan, yang membuat tubuh Anda membutuhkan nikotin secara teratur untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Nah, penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi kecanduan nikotin pada manusia. Ini karena olahraga teratur dapat mencegah berbagai efek penghentian merokok (penskorsan nikotin) yang biasanya muncul dan mengganggu kestabilan niat Anda untuk berhenti merokok.

Selanjutnya, olahraga dapat memiliki beberapa efek positif pada tubuh Anda, yaitu:

Menekan rasa lapar. Meski biasanya setelah berolahraga Anda akan merasa lapar untuk mengganti energi yang hilang dari tubuh, tetapi penelitian mengatakan bahwa Anda akan memilih makanan lebih bijak dalam kondisi seperti itu.
Batasi kenaikan berat badan. Banyak orang berpikir merokok untuk mengurangi berat badan mereka, tetapi dengan Anda latihan akan berkurang.
Mengurangi stres Rokok juga bisa menjadi bentuk pelarian dari stres. Tetapi olahraga juga menawarkan manfaat dalam mengurangi stres.
olahraga jogging
Kiat untuk memulai pelatihan berhenti merokok
Ikuti tips ini untuk memulai pelatihan dengan mudah.

Sisihkan waktu rutin untuk berolahraga, temukan waktu yang cocok dan buat Anda merasa nyaman.
Cobalah setidaknya 30 menit aktivitas fisik intensitas sedang sehari dalam seminggu.
Jadikan latihan sebagai prioritas dan sertakan dalam program Anda. Jika Anda tidak dapat menyisihkan 30 menit yang disarankan, Anda dapat berlatih selama 10 menit setiap hari.
Pilih olahraga yang Anda sukai. Misalnya dengan bersepeda, berenang, lari, yoga atau lainnya. Tenang saja, hampir semua jenis latihan akan membantu upaya Anda untuk berhenti merokok.
Mulai perlahan, lalu tingkatkan intensitas atau waktu olahraga.
Anda dapat mengikuti kelas olahraga agar program latihan Anda teratur dan teratur.
Undang keluarga, teman, atau pasangan Anda untuk berolahraga bersama agar Anda tetap termotivasi dan tidak cepat bosan.
Jika Anda bingung harus mulai dari mana, Anda bisa mencoba berjalan. Berjalan kaki untuk makan siang atau setelah makan malam mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk waktu pelatihan. Kemudian secara bertahap meningkatkan jarak dan kecepatan rute.

Terlebih lagi, melakukan pekerjaan rumah bisa menjadi pilihan olahraga yang mudah. Anda bisa membersihkan, menyapu rumah atau taman di halaman.

Baca juga :