Ukuran Variabilitas adalah

Ukuran Variabilitas adalah

Ukuran Variabilitas adalah

Ukuran Variabilitas adalah
Ukuran Variabilitas adalah

Kata statistika dan statistik

berasal dari kata Latin status yang berarti negara (dalam Bahasa Inggris:state). Pada mulanya statistika semata-mata hanya dikaitkan dengan pemaparan fakta-fakta dengan angka-angka atau gambar yang menyangkut situasi kependudukan dan perekonomian untuk mengambil keputusan politik di suatu negara. Hal tersebut sampai sekarang masih dilakukan. Pada perkembangannya statistika adalah sekumpulan konsep atau metode yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data serta menarik kesimpulan berdasar hasil analisis data tersebut.

Sehingga dapat dimengerti, bahwa Statistik merupakan kegiatan mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, serta menginterpretasikan data mengenai kehidupan. Istilah ’statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ’statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif.

  1. PENGERTIAN UKURAN VARIABILITAS

Ukuran penyebaran ( variabilitas ) adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa besar nilai – nilai data berbeda atau bervariasi dengan nilai ukuran pusatnya atau seberapa besar penyimpangan nilai – nilai data dengan nilai pusatnya.

Ukuran penyebaran yang akan dibahas pada bab ini adalah :

  1.  Jangkauan
  2.  Simpangan rata – rata
  3.  Simpangan standar
  4.  Nilai standar (http://www.tribunnews.com/member/ojelhtcmandiri/)
  5.  Koefisien variabilitas

Contoh :

Tentukan range dari distribusi berikut ini !

Kelas Frekuensi
1 – 5 2
6 – 10 7
11 – 15 13
16 – 20 27
21 – 25 22
26 – 30 17
31 – 35 8
36 – 40 3

Penyelesaian :

Nilai tengah kelas ke-1      :           3

Nilai tengah kelas ke-8      :           38

R    =          38 – 3  = 35